bentuk dan warna air mani lelaki normal


Bagaimanakah agaknya bentuk air mani yang baik dan normal. Apakah aroma dan warnanya ?
Berapa banyakkah (volume) air mani lelaki yang normal dan subur ?

Di bawah ini diberikan beberapa tips tentang air mani lelaki yang normal :

Sperma normal secara mata kasar dapat dilihat sebagai berikut. Warna kelabu pucat, aroma khas (seperti bunga akasia), volume sekitar 2-4 ml. Ketika baru dikeluarkan nampak gumpalan, yang dalam waktu beberapa minit akan mencair. Selanjutnya diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop untuk mengetahui kualiti dan kuantitinya, apakah normal atiu tidak. Dari situ dapat disimpulkan, apakah kesuburan normal atau tidak normal.

Secara semulajadi, kaum perempuan lebih menyukai lelaki bersuara berat kerana hal itu mengingatkan mereka pada ciri kejantanan. Sayangnya, menurut kajian terbaru, lelaki bersuara maskulin tersebut ternyata jumlah spermanya sedikit.

Wah !! betul kah ?

Hal itu diungkap para peneliti dari Australia yang menemukan bahwa lelaki yang bernada suara rendah mengalami penurunan konsentrasi sperma saat ejakulasi.

"Testosteron memang berpengaruh pada rendahnya nada suara lelaki. Namun, testosteron dalam kadar yang tinggi justru mampu menekan produksi sperma," kata Leigh Simmon, PhD, pakar biologi evolusi dari University of Western Australia.

Jumlah sperma memang merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung keberhasilan pembuahan. Untuk mengetahui apakah sperma yang dimiliki memenuhi syarat, memang diperlukan analisis sperma dan cairan mani (semen) di laboratorium.

Dalam proses analisis ini ada beberapa hal yang akan dinilai oleh doktor, antara lain:

- Jumlah air mani

Cairan air mani yang dihasilkan dari setiap ejakulasi antara 2-6 milimeter (1/2-1 senduk teh). Bila jumlahnya kurang dari itu, maka dikhawatirkan jumlah sel spermanya tidak cukup untuk mencapai sel telur. Akan tetapi, air mani yang terlalu banyak juga boleh mengganggu konsentrasi sperma. Idealnya, cairan mani harus cukup kental sekitar 10-15 minit pasca-ejakulasi. Cairan mani yang terlalu kental akan membuat sperma sukar ''berenang.

- Konsentrasi sperma

Disebut juga dengan densiti sperma, ini merupakan jumlah sperma sejuta per milimeter cairan mani. Sperma berjumlah 20 juta per mililiter dianggap sebagai normal.

- Pergerakan sperma

Yang diukur adalah persentasi sperma yang mampu berenang dan juga mencapai tujuan. Satu jam setelah ejakulasi, minima 50 peratus sel sperma harus berenang ke depan dalam garis lurus.

- Morfologi

Ini merupakan analisis bentuk, ukuran, dan penampilan sel sperma. Setiap ujian terhadap 200 sel sperma tidak boleh ada satu pun yang cacat agar boleh disebut normal.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by BeritaHangat™ | Bloggerized by BeritaHangat™ - Premium Blogger Themes | BeritaHangat™ Hot Story