Gaun Emas Sutera Terbuat dari 1 Juta Labah-labah


Berwarna emas, berkesan mewah dan sangat kuat. Kain ini merupakan kain sutra, yang terbuat dari jaring laba-laba. Diperlukan waktu yang sangat lama untuk membuatnya, mencapai empat tahun.


 Laba-laba yang yang digunakan juga bukan laba-laba biasa. Melainkan, laba-laba dari Madagaskar, yang memiliki filamen emas dan menghasilkan efek menyilaukan. Dibutuhkan lebih dari satu juta ekor laba-laba untuk menghasilkannya.

Gaun couture dari sutera laba-laba itu, seperti dilansir dari The Guardian, kini sedang dipamerkan di Victoria and Albert Museum, London, Inggris. Sebenarnya, saat ini sutera laba-laba sedang naik daun dalam dunia seni tekstil.




 Tahun lalu, pernah dibuat 3,3 meter scarf dari jaring laba-laba dan dipamerkan di beberapa museum di New York dan London. Kini, Godley & Peers, perusahaan yang membuat gaun couture dari jaring laba-laba, kembali mengembangkannya.


Jaring laba-laba, ditenun oleh 24 penenun yang semuanya perempuan. Alat tenun seluruhnya juga digerakan oleh tangan dan diperlukan 96 simpul untuk membuat seutas benang tipis dari jaring laba-laba.


 Dari hal ini terlihat diperlukan ketelitian dan keahlian tinggi untuk mengolah sutera dari jaring laba-laba. Tak hairan, jika diperlukan waktu empat tahun untuk membuat kain dari jaring laba-laba sepanjang empat meter.




labah-labah emas dari Madagaskar


 "Ini seperti sebuah jubah ghaib. Sangat halus, bahkan Anda tak akan sangka kalau ini dari jaring laba-laba," kata Godley.sumber

0 comments:

Post a Comment

 
Design by BeritaHangat™ | Bloggerized by BeritaHangat™ - Premium Blogger Themes | BeritaHangat™ Hot Story